RAJA AMPAT-PAPUA-INDONESIA


wah…Judulnya saja sudah bikin penasaran yah???🙂

Pastinya….Anda semua sudah banyak kali mendengar tentang Raja Ampat kan?
Tapi ada juga yang cuma bisa menjadi pendengar (maaf yah, belum beruntung) tapi saya pernah baca di blog teman yang Judulnya “Jangan Mati Sebelum Ke Raja Ampat”… Wow!!! Sangar bingittt….hehehe
Tenang saja bro sist…
Kalo memang belum beruntung mendatangi tempatnya langsung (Kudu nabung dari sekarang :p) Ente bisa lihat di media TV, dan Internet…bisa juga di media Handphone teman Ente😛 (yang pernah ke Raja Ampat) hehehe…

Berhubung nieh bulan Agustus bakal ada acara nasional nan meriah disana…(Sail Raja Ampat) yang dihadiri Presiden dan sejumlah pejabat tinggi negara kita ini serta banyak tamu asing dari berbagai manca negara… (Wihh kita kalah dong sama orang asing, letaknya di negara kita tapi cuma bisa dengar doang….hahaha yang sabar😀 )
Nah, karena itulah Saya jadi pengen bahas mengenai Raja Ampat dan keindahannya…
Kebetulan tempat tinggal saya berada di daerah transit sebelum menuju ke Raja Ampat jadi saya agak sedikit banyak tahu tentang Raja Ampat…dan lagi nieh… hihi…saya sudah berulang kali pergi kesana (pamerrrr😛 )

Ok…
Saya bocorin nieh tentang Raja Ampat…
Sejarahnya dan sedikit bocoran juga tentang Sail disana.

Next

Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.
Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai.
Kabupaten ini memiliki 610 pulau. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama.
Keindahan-kepulauan-raja-ampat-wallpapers

Berdasarkan sejarah, di Kepulauan Raja Ampat terdapat empat kerajaan tradisional, masing-masing adalah kerajaan Waigeo, dengan pusat kekuasaannya di Wewayai, pulau Waigeo; kerajaan Salawati, dengan pusat kekuasaan di Samate, pulau Salawati Utara; kerajaan Sailolof dengan pusat kekuasaan di Sailolof, pulau Salawati Selatan, dan kerajaan Misol, dengan pusat kekuasaan di Lilinta, pulau Misol.

Penguasa Kerajaan Lilinta/Misol (sejak abad ke-16 bawahan kerajaan Bacan):

Abd al-Majid {1872-1904)
Jamal ad-Din (1904-1945)
Bahar ad-Din Dekamboe (1945 – )

Penguasa Kerajaan Waigama (sejak abad ke-16 bawahan kerajaan Bacan):

Abd ar-Rahman (1872-1891)
Hasan (1891/1900-1916)
Syams ad-Din Tafalas (1916-1953)

Penguasa Kerajaan Salawati (sejak abad ke-16 bawahan Kesultanan Ternate):

Abd al-Kasim (1873-1890)
Muhammad Amin (1900-1918)
Bahar ad-Din Arfan (1918-1935)
Abu’l-Kasim Arfan (1935-?)

Penguasa Kerajaan Waigeo (sejak abad ke-16 bawahan Kesultanan Ternate):

Gandżun (1900-1918)
Nah…itulah mengapa disebut Raja Ampat (Empat Raja).

Pulau Raja Ampat merupakan fenomena alam yang menawan dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Ada 1.320 spesies ikan di Raja Ampat; 75% seluruh spesies karang yang ada di dunia; 10 kali lipat jumlah spesies karang yang ditemukan di seluruh Karibia; terdapat 600 spesies karang yang tercatat; 5 spesies penyu laut langka; 57 spesies udang mantis; 13 spesies mamalia laut; dan 27 spesies ikan yang hanya dapat Anda ditemui di wilayah ini.

Reef Scenic w/ Diver - MRReef Scenic w/ Tubastrea (Cup) Coralsbunaken32grand-cayman_9_500x3301rangiroa-lagoon-513714-swRocktail-Bay1Menakjubkan…beberapa foto yang di atas diambil dari badan pengelola laut yang berada di Raja Ampat. Jadi semuanya asli alias tidak pake edit-editan…
Semua yang terlihat digambar, sama persis seperti yang akan Ente temui disana…itu karena kinerja pemerintah setempat yang bekerja keras untuk melestarikan kekayaan yang kita miliki juga dukungan warga yang sangat menghargai usaha pemerintah serta membantu dalam menjaga dan melestarikannya🙂

Dan gambar berikut dibawah ini adalah salah satu pengalaman luar biasa yang paling diminati….

berenang bersama Pari Manta

Luar biasa bukan???!!!
Pasti sudah pada pengen nieh buat datangi surga yang kita miliki di negeri teercinta ini…

Buat para pecinta Sunset….tenang, ada begitu banyak momen sunset yang bisa kalian dapatkan juga disini, bukan sekedar matahari bulat atau setengah bulat di ufuk timur namun suasana sunset yang begitu luar biasa (yang menurut pengalaman saya sendiri, bahkan pujangga sehebat apapun takkan mampu melukiskannya dengan kata-kata) .

sunset-in-one-bay-of-raja-ampatimg_20121101081213_5091cc6ddeab3Manswar-Island1 Demikian ulasan singkat saya mengenai keeksotisan wilayah timur Indonesia yang satu ini.

Berikutnya saya akan membahas keunikan masing-masing pulau besar yang terdapat di Raja Ampat….dan juga kabar mengenai berlangsungnya Acara Sail disana🙂

Up date terus yah🙂

(Jangan lupa nabung😀 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s